Halal Sebagai Pilar Kepercayaan: Menggali Peluang Pengembangan Industri Halal untuk Trust Konsumen (Studi Kasus Lazatto Gandrung, Kab. Tasikmalaya)

Authors

  • Henri Herdiana Universitas Siliwangi Tasikmalaya Jawa Barat
  • Salfaa Aliya Asriadi Universitas Siliwangi Tasikmalaya Jawa Barat
  • Eksa Novianty Universitas Siliwangi Tasikmalaya Jawa Barat

DOI:

https://doi.org/10.59342/istimrar.v2i2.423

Keywords:

Halal, Industri Halal, Trust Konsumen, Kepuasan Konsumen

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kepercayaan konsumen terhadap industri halal terutama pada bidang fast food, terutama olahan ayam yang memang perlu adanya sertifikasi halal yang jelas baik itu mulai dari segi bahan, pengolahan, sampai penyajian. Selain itu juga pada artikel ini juga meneliti akan responsibility perusahaan terhadap pelanggan yang datang. Metode penelitian dalam tulisan ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yaitu dengan cara wawancara dan pengumpulan sumber berupa jurnal, artikel dan buku sebagai referensi dan dengan memanfaatkan data yang dinyatakan dalam bentuk kata, kalimat, atau tidak berbentuk angka-angka. Sumber data dalam tulisan ini yaitu dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari wawancara kepada restoran Lazatto Gandrung, Kab. Tasikmalaya. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah usaha untuk meningkatkan trust konsumen dalam segi pendekatan pelayanan dan ketentuan yang diberikan oleh Lazatto kepada konsumen sudah sesuai dan sejalan, mulai dari memberikan kepuasan secara prima, adanya sertifikasi halal yang dibuktikan dengan pemasangan pamflet/selebaran yang berkenaan dengan makanan halal dan baik, yang mana hal tersebut adalah merupakan sebuah implementasi atau usaha bagi perusahaan untuk meyakinkan  konsumen akan kehalalan produk di restoran Lazatto.

Downloads

Published

2024-04-13

How to Cite

Herdiana, H., Aliya Asriadi, S., & Novianty, E. (2024). Halal Sebagai Pilar Kepercayaan: Menggali Peluang Pengembangan Industri Halal untuk Trust Konsumen (Studi Kasus Lazatto Gandrung, Kab. Tasikmalaya). Al-Istimrar: Jurnal Ekonomi Syariah, 2(2), 190–198. https://doi.org/10.59342/istimrar.v2i2.423