Analisis Respon Pelaku Usaha Terhadap Kewajiban Sertifikasi Halal (Studi Kasus Warung Makan di Kec. Tawang Kota Tasikmalaya)

Authors

  • Widya Herdyna Ruswandi Universitas Siliwangi Tasikmalaya Jawa Barat
  • Dede Agis Septia Universitas Siliwangi Tasikmalaya Jawa Barat
  • Isti Restiani Universitas Siliwangi Tasikmalaya Jawa Barat

DOI:

https://doi.org/10.59342/istimrar.v2i2.420

Keywords:

Sertifikasi Halal, Pelaku Usaha, Makanan dan Minuman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon pelaku usaha terhadap kewajiban sertifikasi halal. Dengan semakin bertambahya populasi umat islam didunia, kebutuhan dan permintaan terhadap produk-produk yang terjamin secara kehalalannya sangatlah besar. Adapun tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana respon pelaku usaha warung makan terhadap kewajiban sertifikasi halal di kecamatan tawang serta apa saja factor penghambat dalam melakukan sertifikasi halal. Tidak hanya itu penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan pemikiran Masyarakat luas dalam mewujudkan sertifikasi halal sesuai dengan syariat islam. Adapun penelitian ini terlaksanakan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang dalam pengumpulan datanya dilakukan dengan mewawancarai informan (pelaku warung makan) sebagai sumber informasi. Hasil penelitian ini menunjukan halal terhadap pelaku usaha warung makan. Sebagian kecilnya pelaku usaha warung makan beranggapan bahwa sertifikasi halal tidak terlalu penting bagi usaha pelaku warung makan karena beberapa faktor, Juga kurangnya sosialisasi dari pemerintah yang menyebabkan ketidaktauan sertifikasi halal.

Downloads

Published

2024-04-13

How to Cite

Ruswandi, W. H., Septia, D. A., & Restiani, I. (2024). Analisis Respon Pelaku Usaha Terhadap Kewajiban Sertifikasi Halal (Studi Kasus Warung Makan di Kec. Tawang Kota Tasikmalaya). Al-Istimrar: Jurnal Ekonomi Syariah, 2(2), 199–206. https://doi.org/10.59342/istimrar.v2i2.420