Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android pada Dosen-dosen Muda UNIMA

Authors

  • Mustapa Universitas Negeri Manado
  • Aisyiah Restutiningsih Putri Utami Universitas Negeri Manado
  • Jakub Saddam Akbar Universitas Negeri Manado
  • Miftahul Jannah Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.59342/jpkm.v3i1.428

Keywords:

Android, Dosen, Media pembelajaran, Pelatihan

Abstract

Pendidikan merupakan aspek universalitas yang harus ada dalam perikehidupan umat manusia. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah merambah pada bidang pendidikan dan pengajaran, hal ini menuntut para pendidik untuk lebih meningkatkan kemampuannya seperti cara mengajar, materi ajar yang disajikan dan lainnya. Media pembelajaran merupakan perantara dalam menyampaikan suatu pesan yang didesain sehingga tujuan pembelajaran bisa dicapai. Penggunaan dari media pembelajaran sangat penting diterapkan, supaya pembelajaran tidak monoton dan dapat menarik perhatian peserta didik. Namun, hampir semua dosen muda UNIMA memiliki kemampuan dalam pembuatan media pembelajaran masih minim sehingga berdampak pada sulitnya peserta didik memahami proses pembelajaran. Kegiatan ini bertujuan memberi pelatihan dalam pembuatan media pembelajaran berbasis android yang dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dosen-dosen muda UNIMA dalam hal pembuatan media pembelajaran berbasis android. Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam pengembangan pendidikan di UNIMA. Metode pelaksanaan dari pengabdian ini diawali dengan persiapan dan pelaksanaan. Hasil dari pengabdian yang dilakukan menunjukkan bahwa dosen muda di UNIMA memiliki antusias yang cukup besar dalam mempelajari dan mengembangkan media pembelajaran, ini dapat dilihat dari antusiasnya peserta pelatihan dalam mengikuti kegiatan ini.

References

Hapsari, H., Fitriyanto, S., Hermansyah, H., Yahya, F., & Walidain, S. N. (2020). Multimedia Interaktif Konsep Gravitasi Berorientasi pada Literasi Sains. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 6(2), 228–237.

Hermansyah, H., Syafruddin, S., Ratu, T., Nurhairunnisah, N., & Musahrain, M. (2021). Pelatihan bagi Siswa MTs Al Muddatsiriyah dalam Menggunakan Multimedia Interaktif sebagai Alat Bantu Memahami Konsep Fisika di Masa Pandemi. KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).

Hura, T. L. (2022). Meningkatkan Minat Belajar Anak Melalui Metode Belajar MEDIDOOR. ABDIKAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains dan Teknologi, 1(2), 271–276.

Mulyawati, I., Arini, N. W., & Polina, L. (2022). Pelatihan Media Pembelajaran Canva dan Padlet bagi Guru SD di SDN Pulogebang 09 Pagi. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(1), 170–174.

Ramdhayani, E., Lestari, I. D., Suryani, E., Aini, R. Q., & Hermansyah, H. (2020). Pelatihan dan Pendampingan Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis IT Bagi Guru SDN Leseng. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 3(4).

Rumidjan, R., Sumanto, S., Sukamti, S., & Sugiharti, S. (2017). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran bagi Guru Sekolah Dasar. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1).

Sentaya, I. M., Musahrain, M., & Safitri, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Guided Discovery Learning pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(3), 957–963.

Yul, F. A., Siska, J., Selviani, D., & Rachayu, I. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia pada Guru Pondok Pesantren Hidayatullah Bengkulu. Jurnal INDONESIA RAYA (Pengabdian pada Masyarakat Bidang Sosial, Humaniora, Kesehatan, Ekonomi dan Umum), 1(2), 37–40.

Downloads

Published

2023-10-31