https://jurnal.ishlahiyah.ac.id/index.php/altafani/issue/feed Altafani 2023-10-31T00:00:00+00:00 Khairul Mufti Rambe khairulmuftirambe@ishlahiyah.ac.id Open Journal Systems <p><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><strong>Altafani</strong> merupakan jurnal yang menerbitkan hasil-hasil pengabdian masyarakat yang berbasis riset dengan tema </span></span><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">pemberdayaan masyarakat atau kelompok profesi tertentu</span></span><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">, </span></span><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">pemberdayaan keluarga</span></span><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">, </span></span><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">pengembangan sekolah/madrasah</span></span><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">, </span></span><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">penerapan teknologi tepat guna</span></span><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">, </span></span><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan</span></span><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">, dan </span></span><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">pelatihan. </span></span><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><strong>Altafani</strong> telah memiliki ISSN : </span></span><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20211012181570405" target="_blank" rel="noopener">2808-3997</a> sejak 12 Oktober 2021, dengan masa penerbitan 2 kali dalam setahun yakni pada bulan Oktober dan April. <strong>Altafani</strong> diterbitkan oleh LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengembangan) STAI Syekh H. Abdul Halim Hasan Al-Ishlahiyah Binjai pada terbitan volume 1 dan 2. Sejak dikeluarkannya SK alih status kampus pada Agustus 2023, pada volume selanjutnya yakni Oktober 2023, <strong>Altafani</strong> diterbitkan oleh LPPM Institut Syekh Abdul Halim Hasan Binjai.</span></span></p> https://jurnal.ishlahiyah.ac.id/index.php/altafani/article/view/429 Penyuluhan Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di SAS English Laboratory 2023-10-26T09:08:47+00:00 Nur Asyah nurasyah@umnaw.ac.id Rizqy Fadhilna Putri rizqy.fadhlinaputri@gmail.com Rini Fadhillah Putri rinifadhillah@umnaw.ac.id <p>Ada beberapa faktor penyebab mengapa SAS <em>English Laboratory </em>belum menerapkan kurikulum merdeka. Seperti belum adanya sosialisasi langsung yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan setempat terkait penerapan kurikulum merdeka, adanya <em>mainset</em> tantangan bagi Guru dalam menerapkan kuriukum merdeka diantaranya membuat modul ajar maupun penerapan profil pelajar Pancasila Ketika kurikulum merdeka dilaksanakan. Lokasi pengabdian kepada masyarakat ini merupakan Yayasan SAS yang beralamat di Kecamatan Medan Timur, Kota Medan. Adapun yang menjadi tujuan dalam pelaksanaan program pengabdian kepada masyarakat ini adalah: Guru dapat mengimplementasikan kurikulum merdeka dalam membentuk karakter peserta didik di SAS English Laboratory. Metode yang digunakan adalah dengan cara melakukan penyuluhan kemudian melaksanakan observasi dan penyebaran angket kepada peserta kegiatan. Hasil yang didapatkan dalam pengabdian ini adalah adanya peningkatan pemahaman dari Guru tentang bullying yang ada di sekolah, hal tersebut dibuktikan dengan hasil angket peserta kegiatan dari hasil rata-rata persentase angket <em>pre-test</em> sebesar 36% dan <em>post-test</em> sebesar 97%. Luaran berupa artikel ilmiah yang dimuat dalam jurnal nasional tidak terakreditasi, surat kabar online yang sudah terbit dan laporan akhir beserta dokumentasi video kegiatan pengabdian masyarakat yang diunggah dalam akun Youtube. Kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat terus berlangsung dan menyajikan materi terbaru yang dibutuhkan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran di sekolah.</p> 2023-10-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Nur Asyah, Rizqy Fadhilna Putri, Rini Fadhillah Putri https://jurnal.ishlahiyah.ac.id/index.php/altafani/article/view/428 Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android pada Dosen-dosen Muda UNIMA 2023-10-26T15:36:34+00:00 Mustapa mustapa@unima.ac.id Aisyiah Restutiningsih Putri Utami aisyiahutami@unima.ac.id Jakub Saddam Akbar jakubakbar@unima.ac.id Miftahul Jannah miftahuljannah@unima.ac.id <p>Pendidikan merupakan aspek universalitas yang harus ada dalam perikehidupan umat manusia. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah merambah pada bidang pendidikan dan pengajaran, hal ini menuntut para pendidik untuk lebih meningkatkan kemampuannya seperti cara mengajar, materi ajar yang disajikan dan lainnya. Media pembelajaran merupakan perantara dalam menyampaikan suatu pesan yang didesain sehingga tujuan pembelajaran bisa dicapai. Penggunaan dari media pembelajaran sangat penting diterapkan, supaya pembelajaran tidak monoton dan dapat menarik perhatian peserta didik. Namun, hampir semua dosen muda UNIMA memiliki kemampuan dalam pembuatan media pembelajaran masih minim sehingga berdampak pada sulitnya peserta didik memahami proses pembelajaran. Kegiatan ini bertujuan memberi pelatihan dalam pembuatan media pembelajaran berbasis android yang dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dosen-dosen muda UNIMA dalam hal pembuatan media pembelajaran berbasis android. Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam pengembangan pendidikan di UNIMA. Metode pelaksanaan dari pengabdian ini diawali dengan persiapan dan pelaksanaan. Hasil dari pengabdian yang dilakukan menunjukkan bahwa dosen muda di UNIMA memiliki antusias yang cukup besar dalam mempelajari dan mengembangkan media pembelajaran, ini dapat dilihat dari antusiasnya peserta pelatihan dalam mengikuti kegiatan ini.</p> 2023-10-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Mustapa, Aisyiah Restutiningsih Putri Utami, Jakub Saddam Akbar, Miftahul Jannah https://jurnal.ishlahiyah.ac.id/index.php/altafani/article/view/407 Penyuluhan Hukum tentang Peluang dan Ancaman Pinjaman Online Syariah kepada Santriwati Pondok Pesantren Manbaul Ulum Banjarmasin 2023-10-27T13:00:13+00:00 Firqah Annajiyah Mansyuroh firqahannajiyahmansyuroh@uin-antasari.ac.id Syarifah Najwa Alawiyah Shahab najwasyahab01@gmail.com Nabella Fika Askia nabelafika321@gmail.com Rizqon Nurullah rizqon312y@gmail.com <p>Selama beberapa tahun terakhir, terjadi penurunan pendapatan yang signifikan dengan biaya hidup yang masih harus dipenuhi sehingga masyarakat memutuskan untuk mengambil pinjaman guna memenuhi kebutuhan sehari-hari. Di Banjarmasin, kasus pinjaman online ilegal yang melanggar hukum ekonomi syariah telah terjadi dan ini sangat menyedihkan. Dalam hal ini, aplikasi pinjaman online membuat banyak anak sekolah terjerat dalam pinjaman online. Topik ini sangat penting secara teori maupun praktis dalam budaya hukum. Pemahaman masyarakat mengenai peluang dan ancaman pinjaman online sangat tergantung pada intensitas sosialisasi dan penyuluhan yang dilakukan kepada masyarakat. Hasil dari penyuluhan ini menunjukkan bahwa kesejahteraan masyarakat dan asas hukum harus didukung dengan sosialisasi hukum kepada seluruh masyarakat. Dari penyuluhan ini, santriwati Pondok Pesantren Manbaul Ulum Banjarmasin yang sebelumnya hanya mengetahui tentang pinjaman online, kini memahami bahwa ada hal-hal yang perlu diperhatikan secara seksama mengenai hukumnya baik secara legal Indonesia maupun secara halal-haram dalam Hukum Ekonomi Syariah.</p> 2023-10-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Firqah Annajiyah Mansyuroh, Syarifah Najwa Alawiyah Shahab, Nabella Fika Askia, Rizqon Nurullah https://jurnal.ishlahiyah.ac.id/index.php/altafani/article/view/432 Penyuluhan tentang Gizi Seimbang pada Remaja Putri di Desa Drujugurit Kecamatan Ngimbang Kabupaten Lamongan 2023-10-27T13:08:42+00:00 Susana Setyowati susanasetyowati411@gmail.com Donna Dwinita Adelia donnadelia@gmail.com Siti Aminah sitiaminah.whn@gmail.com <p>Masa remaja terhitung sejak usia 10-19 tahun yang merupakan masa peralihan dari anak –anak menuju dewasa dan masa untuk mencari identitas diri dan cepat sekali terpengaruh oleh lingkungan, adanya keinginan untuk diterima oleh teman sebayanya dan mulai tertarik dengan lawan jenisnya baik itu remaja perempuan maupun remaja laki-laki. Sehingga menyebabkan remaja tersebut sangat menjaga penampilannya yang akan mempengaruhi pola makan. Selain itu kegemaran remaja yang tidak lazim, seperti menjadi vegetarian atau memilih makan diluar atau hanya makan kudapan. Masa remaja juga merupakan masa terjadinya perubahan-perubahan fisik, psikologi dan hormonal atau kematangan organ reproduksi (Istiany, 2013). Masa remaja sangat rentan terhadap masalah gizi, ini disebabkan percepatan pertumbuhan dan perkembangan tubuh yang memerlukan energi dan zat gizi yang lebih banyak. Selain itu, adanya perubahan gaya hidup dan pola makan saat usia remaja yang cenderung menyukai makanan fast food. Aktifitas fisik yang tinggi meningkatkan kebutuhan energi dan zat gizi (Badriah, 2014). Permasalahan gizi pada remaja di pengaruhi oleh keluarga, teman, media terutama iklan dan paling besar adalah pengaruh teman dekat. Sehingga perlu dikembangkan perilaku remaja untuk makan makanan yang sehat dengan berpedoman pada gizi seimbang, serta bergaya hidup sehat agar tumbuh kembang dapat tercapai dengan optimal ( Paath, 2014).</p> <p>Metode yang digunakan dalam Ipteks bagi Masyarakat ini adalah ceramah dan diskusi dengan media Leaflet, LCD, Laptop yaitu pemberian penyuluhan tentang gizi seimbang pada remaja. Kegiatan ini di mulai dari mengumpulkan remaja putri, kemudian pemberian materi dan diskusi tanya jawab, kesimpulan. Hasil kegiatan pengapdian tersebut mendapat respon positif dibuktikan dengan antusias remaja putri saat penyuluhan. Dan adanya peningktan pengetahuan remaja tentang kebutuhan gizi diusianya.</p> 2023-10-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 susana setyowati, donna dwinita adelia, siti aminah https://jurnal.ishlahiyah.ac.id/index.php/altafani/article/view/433 Pelatihan Pengolahan Data, Mendeley dan Pembuatan Kuesioner untuk Peneliti Pemula 2023-10-27T13:17:27+00:00 Muhammad Hafizh muhammad.hafizh@unimal.ac.id Ghazali Syamni ghazali.syamni@unimal.ac.id Sari Yulis Terfiadi sariyulis@unimal.ac.id <p>Dalam implementasi tridharma Perguruan Tinggi, dosen dan mahasiswa dituntut untuk mempublikasikan hasil risetnya. Sehingga, untuk mencapai standart kualitas dan kuantitas publikasi, diperlukan pelatihan terkait salah satu instrumen penelitian berupa kuesioner bagi dosen pemula.. Pelatihan ini mendorong untuk para dosen pemula memiliki keterampilan dalam membuat perangkat penelitian kuesioner karena dengan kuesioner peneliti dapat menggali hal-hal yang tidak terpantau saat observasi. Pelatihan sekaligus bimbingan pembuatan kuesioner ini dilaksanakan dalam Forum Group Discussion (FGD) yang konten pertemuannya bermuatan diskusi kelompok dengan peserta yang dipilih secara khusus dan bersedia mengikuti bimbingan pembuatan kuesioner bagi mereka yang baru berstatus sebagai tenaga pengajar atau dosen pemula. Tahapan Pelaksanaan yaitu sharing terkait fungsi, tujuan, manfaat pengolahan data, referensi dan kuesioner oleh pakar, tanya-jawab antara pakar dan peserta terkait materi, praktik pembuatan form kuesioner untuk beberapa metode penelitian oleh peserta, prensentasi terkait kuesioner yang telah dibuat peserta, perserta berdiskusi dengan sesama peserta untuk saling memberikan masukan, dan pakar memberikan masukan terkait kuesioner yang telah dibuat oleh peserta. Beberapa materi bimbingan yang dijelaskan yaitu teknik membuat kuesioner dapat disusun berdasarkan urutan pertanyaan dengan sesuai kebutuhan penelitian. Selain materi bimbingan terkait teknik pembuatan kuesioner yang baik, pemateri juga mengajarkan teknik pembuat kuesioner secara elektronik yang dapat memudahkan peneliti.</p> 2023-10-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Muhammad Hafizh, ghazali syamni, sari yulis terfiadi