HUBUNGAN SELF AWARENESS DENGAN KEDISIPLINAN SISWA DI MAN BINJAI
DOI:
https://doi.org/10.59342/jgt.v2i2.425Keywords:
Self Awareness; Kedisiplinan; SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk bertujuan untuk mengetahui hubungan self awareness dengan kedisiplinan siswa kelas XII di MAN Binjai Tahun Pelajaran 2022/2023.Metode penelitian ini menggunakan teknik non tes yaitu berupa kuesioner (angket). Sampel penelitian ini berjumlah 43 pada siswa kelas XII. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara random. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat antara self awareness dengan kedisiplinan siswa kelas VIII SMP Negeri 1. Berdasarkan hasil uji korelasi product moment sebesar 0,920 dan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,00. Selanjutnya perhitungan koefisien determinasi menunjukkan hasil 84,64% dimana ini berarti self awareness memberikan kontribusi kepada kedisiplinan sebesar 84,64% dan 16,36% dipengaruhi oleh faktor lainnya.
References
Astuti, Winda. (2021). Hubungan Self Awareness dan Kedisiplinan Pada Siswa SMK Garuda Karangawen Demak. Semarang: Universitas Semarang.
Dakhi, S Agustin. (2020). Kiat Sukses Meningkatkan Disiplinan Siswa, (Yogyakarta: CV Budi Utama)
Desmita, (2005) Psikologi Perkembangan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Esmiati, Amy Novelia, Nanik Prihatini dan Partini. (2020). Efektivitas Pelatihan Kesadaran Diri untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, Vol.8, No.1, hlm: 86-93.
Ernita Br Tarigan, (2018). Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Dalam Proses Belajar Mengajar Melalui Layanan Konseling Kelompok Pada Siswa Kelas VII-3 Smp Negeri 1 Gebang Tahun 2017-2018. Jurnal Tabularasa Pps Unimed, Vol.15
Rahadita, D.,Hasibun, W.F. (2017). “Faktor Penyebab Pelanggaran Disiplin Sekolah Pada SiswaKelas XII di SMA ‘X’ Batam, ” Jurnal Cahaya Pendidikan 3, no.2
Imron, Ali. (2011). Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Maharani, Laila dan Meri Mustika. (2016). Hubungan Self Awareness dengan Kedisiplinan Siswa Kelas VII di SMP Wiyatama Bandar Lampung. Jurnal Bimbingan dan Konseling, Vol.3, No.1, hlm: 64-70.
Mardikarini, Sasi dan Putri, Lailia Candra Kartika. (2020). Pemantauan Kedisiplinan Siswa Melalui Penetapan Indikator Perilaku Disiplin Siswa Kelas III. Jurnal Ilmiah Kontekstual, 2(1).
Masri, Subekti. (2020). Multicultural Awareness, Teknik Cinemaducation &Blibitherapy. Sulawesi Selatan: Aksara Timur.
Mumpuni, Titi. (2018). Hubungan Self Awareness dengan Kedisiplina peserta didik kelas VI di MI AN nur Deyangan Martayudan Tahun 2017/2018. Hal: 388-395.
Putra, Hilmi Mubaro. Deka Setiawan dan Nur Fajrie. (2020). Perilaku Kedisiplinan Siswa Dilihat Dari Etika Belajar di Dalam Kelas, Jurnal Prakarsa Paedagogia Vol. 3 No. 1, Juni
Silvia, P. J., & Duval, T. S. (2001). Objective self-awareness theory: Recent progress and enduring problems. Personality and Social Psychology Review, 5(3), 230–241
Susanto, Ahmad. (2018). Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Prenadamedia Group.
Zaka, Istifatun. (2020). Discipline Like Japanese. Klaten: Kaesar Media Pustaka
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Risma, Hamidah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.