PENGARUH MEDIA BUSY BOOK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK DI TK. ABA SAMBIREJO BINJAI
DOI:
https://doi.org/10.59342/jgt.v2i2.400Keywords:
Busy Book, Anak 5-6Tahun, Membaca PermulaanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Penerapan media busy book terhadap anak di TK ABA Sambirejo, 2) Kemampuan membaca permulaan anak Di TK ABA Sambirejo Binjai, 3) Pengaruh busy book terhadap kemampuan membaca permulaan anak di TK ABA Sambirejo Binjai. Penelitan ini merupakan penelitian yang mengarah pada jenis penelitian kuantitatif. penelitian ini peneliti akan menggali informasi mengenai penerapan media busy book dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di TK ABA Sambirejo. Hasil penelitian ini mengenai kemampuan membaca permulaan anak sebelum menggunakan media pembelajaran busy book masih banyak yang berada pada kategori mulai berkembang dan belum berkembang. Sedangkan kemampuan membaca permulaan setelah penggunaan media pembelajaran busy book menunjukkan berkembang dengan baik, yakni hampir semua anak berada pada kategori berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik. Perbedaan skor kemampuan membaca permulaan anak sebelum dan sesudah diberi perlakuan berupa penggunaan media busy book menunjukkan adanya peningkatan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media busy book terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B di Di TK ABA Sambirejo Binjai.
References
Ahmad. 2017. Busy Book Untuk Penunjang Aktifitas Anak, (Online). http://www.masahmad.com/2017/11 busy book untuk penunjang aktivitas anak.html/m =1, diakses 16 november 2011
Ahmadi, Pengantar Pendidikan, Arruz Media, Jogjakarta, 2016, hal 76
Asyhar, Rayandra, Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. (Jakarta: Referensi. 2018), hal. 54
Chow, C.W., and Rice, S.J. Qualified Audit Opinions and Auditor Switching. The Accounting Review.1982. Vol. LVII No. 2. Pp 326-335
Dhieni, Nurbiana. 2017. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka
Hasnidah, Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini, Luxima Metro Media, Jakarta, 2015, hal 33
Juliana, Media Pembelajaran Busy book Yang Di Populerkan Oleh Tresita Diana, (Online). https://id.scribd.com/document/391865903/2 , diakses 29 oktober 2018)
Kreasiumy. 2016. Mengenal Lebih Dalam Busy Book Dan Manfaat Untuk Tumbuh Kembang Sang Anak. (online). https://kreasiumy.wordpress.com/2016/11/21/mengenal-lebih-dalam-busy book-dan-manfaat-untu-tumbuh-kembang-sang anak/ . Diakses 5 juni 2017
Kuncahyono dan Sudarmiatin, Pengembangan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Tematik Indahnya Negeriku untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar, (Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 2018), Vol.3 No. 2, hal. 158
Latif. dkk, 2013. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. Kencana. Jakarta Mursid. 2017. Belajar Dan Pembelajaran PAUD. PT. Remaja Yosdakarya. Bandung.
Mursid, Belajar Dan Pembelajaran PAUD, PT. Remaja Yosdakarya, Bandung, 2017, hal 46
Owens, Thomas R. and Wang, Changhua, 1996, Community Based Learning; A Foundation for Meaningful Educational Reform, Omaha : University of Nebraska
Rahim. 2008. Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar. Bumi Aksara. Jakarta.
Rahma. 2018. Pembuatan Dan Pemanfaatan Busy book Dalam Mempercepat Kemampuan Membaca Untuk Anak Usia Dini Di PAUD Budi Luhur Padang. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan kearsipan
Riafinola. 2019. Membuat Busy book Sebagai Media Belajar Anak 1 Tahun, (Online). https://kiddo.id/2019/11/28/membuat-busybook-sebagai-mediabelajar-anak-1-tahun/y , diakses 28 november 201
Suryana. 2018. Stimulasi Dan Aspek Perkembangan Anak. Prenada Media. Jakarta.
Wahyono.Pengertian dan Tujuan Membaca Permulaan. Online: http://gudangartikels.blogspot.com/2011/08/pengertian-dan-tujuanmembaca-permulaan.html Diakses 17 februari 2012
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Siti Hadijah, Rabitah Hanum Hasibuan, Hadi Gunawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.