PENGEMBANGAN DAN PENGELOLAAN SUMBER BELAJAR OLEH GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.59342/jgt.v2i2.288Abstract
Pentingnya sumber belajar dalam kegiatan pembelajaran tidak bisa
dipungkiri lagi. Akan tetapi, sumber-sumber belajar yang ada di
madrasah dan sekolah umumnya belum dikelola dan dimanfaatkan
secara maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengelolaan sumber belajar oleh guru pendidikan agama Islam yang
berfokus pada buku teks sebagai sumber belajar di SMP Negeri 1
Tembilahan Hulu. Hasil penelitian melalui angket memperoleh
persentase 83,33% dikategorikan “Sangat Baik”. Pengelolaan
sumber belajar dengan pemanfaatan buku teks pada pembelajaran
PAI yakni guru memperhatikan kurikulum dan mengacu terhadap
kurikulum yang telah ditetapkan, guru menganalisis standar
kompetensi dan kompetensi dasar dengan cara menyesuaikan
dengan kebutuhan dan tingkat pemahaman siswa, guru menyusun
tata bahasa bahan ajar agar lebih menarik dikolaborasikan antara
buku buku teks dan buku penunjang lainnya, guru dalam menyusun
materi pokok dengan menggunakan buku teks namun tidak
menggunakan satu sumber buku saja tapi juga menggunakan buku
penunjang yang relevan, guru menentukan judul buku sesuai
dengan standar kompetensi, guru memberikan ilustrasi, gambar,
tabel dan diagram untuk memudahkan siswa dalam memahaminya.
References
Anwar, Kasful dan Hendra Hermi. (2011). Perencanaan Sistem
Pembelajaran KTSP. Bandung : Alfabeta.
Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka
Cipta.
Hasnawati. (2021). Pengelolaan Sumber Belajar dalam Pembelajaran
Anak pada TK Handriani. CJPE: Cokroaminoto Juornal of
Primary Education. https://e-journal.my.id/cjpeVolume 4 Nomor 2
Oktober 2021e-ISSN: 2654-6434 dan p-ISSN: 2654-6426.
L.H, Clark. (1968). Strategies and Tactics in Secondary School
Teaching: A Book of Readings. Toronto: The Mac Millan.
M. Syahran Jailani. (2016). Pengembangan Sumber Belajar Berbasis
Karakter.Jurnal Pendidikan Islam.
Maryana, Rita. Ali Nugraha, dan Yeni Rahmawati. (2010). Pengelolaan
Lingkungan Belajar. Jakarta : Kencana.
Muhaimin. (2012). Paradigma Pendidikan Islam. Bandung : Remaja
Rosdakarya.
Muslich, Masnur. (2009). KTSP; Pembelajaran Berbasis Kompetensi
dan Kontekstual; Panduan bagi Guru, Kepala Sekolah dan
Pengawas Sekolah.Edisi I. Cet.V. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Nursalim. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta : Lontar
Mediatama.
Prastowo, Andi. (2012). Perkembangan Sumber Belajar. Yogyakarta :
Pedagogia.
Siregar, Eveline. (2019). Pemanfaatan Sumber Belajar, Banten.
Sitepu. (2014). Pengembangan Sumber Belajar. Jakarta : Rajawali
Pers.
Sukiman. (2010). Penembangan Media Pembelajaran.
Yogyakarta:Pegagogia.
Suryabrata, Sumadi. Psikologi Pendidikan. Edisi V. Cet.XII. Jakarta: PT.
RajaGrafindo Persada.
Usman, Uzer. (2010). Menjadi Guru Profosional. Bandung : Remaja
RosdaKarya
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Endang Widana Widiana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.