PENGEMBANGAN DAN PENGELOLAAN SUMBER BELAJAR OLEH GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Authors

  • Endang Widana Widiana Stai Al- Ishlahiyah Binjai

DOI:

https://doi.org/10.59342/jgt.v2i2.288

Abstract

Pentingnya sumber belajar dalam kegiatan pembelajaran tidak bisa
dipungkiri lagi. Akan tetapi, sumber-sumber belajar yang ada di
madrasah dan sekolah umumnya belum dikelola dan dimanfaatkan
secara maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengelolaan sumber belajar oleh guru pendidikan agama Islam yang
berfokus pada buku teks sebagai sumber belajar di SMP Negeri 1
Tembilahan Hulu. Hasil penelitian melalui angket memperoleh
persentase 83,33% dikategorikan “Sangat Baik”. Pengelolaan
sumber belajar dengan pemanfaatan buku teks pada pembelajaran
PAI yakni guru memperhatikan kurikulum dan mengacu terhadap
kurikulum yang telah ditetapkan, guru menganalisis standar
kompetensi dan kompetensi dasar dengan cara menyesuaikan
dengan kebutuhan dan tingkat pemahaman siswa, guru menyusun
tata bahasa bahan ajar agar lebih menarik dikolaborasikan antara
buku buku teks dan buku penunjang lainnya, guru dalam menyusun
materi pokok dengan menggunakan buku teks namun tidak
menggunakan satu sumber buku saja tapi juga menggunakan buku
penunjang yang relevan, guru menentukan judul buku sesuai
dengan standar kompetensi, guru memberikan ilustrasi, gambar,
tabel dan diagram untuk memudahkan siswa dalam memahaminya.

References

Anwar, Kasful dan Hendra Hermi. (2011). Perencanaan Sistem

Pembelajaran KTSP. Bandung : Alfabeta.

Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka

Cipta.

Hasnawati. (2021). Pengelolaan Sumber Belajar dalam Pembelajaran

Anak pada TK Handriani. CJPE: Cokroaminoto Juornal of

Primary Education. https://e-journal.my.id/cjpeVolume 4 Nomor 2

Oktober 2021e-ISSN: 2654-6434 dan p-ISSN: 2654-6426.

L.H, Clark. (1968). Strategies and Tactics in Secondary School

Teaching: A Book of Readings. Toronto: The Mac Millan.

M. Syahran Jailani. (2016). Pengembangan Sumber Belajar Berbasis

Karakter.Jurnal Pendidikan Islam.

Maryana, Rita. Ali Nugraha, dan Yeni Rahmawati. (2010). Pengelolaan

Lingkungan Belajar. Jakarta : Kencana.

Muhaimin. (2012). Paradigma Pendidikan Islam. Bandung : Remaja

Rosdakarya.

Muslich, Masnur. (2009). KTSP; Pembelajaran Berbasis Kompetensi

dan Kontekstual; Panduan bagi Guru, Kepala Sekolah dan

Pengawas Sekolah.Edisi I. Cet.V. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Nursalim. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta : Lontar

Mediatama.

Prastowo, Andi. (2012). Perkembangan Sumber Belajar. Yogyakarta :

Pedagogia.

Siregar, Eveline. (2019). Pemanfaatan Sumber Belajar, Banten.

Sitepu. (2014). Pengembangan Sumber Belajar. Jakarta : Rajawali

Pers.

Sukiman. (2010). Penembangan Media Pembelajaran.

Yogyakarta:Pegagogia.

Suryabrata, Sumadi. Psikologi Pendidikan. Edisi V. Cet.XII. Jakarta: PT.

RajaGrafindo Persada.

Usman, Uzer. (2010). Menjadi Guru Profosional. Bandung : Remaja

RosdaKarya

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

Widiana, E. W. (2023). PENGEMBANGAN DAN PENGELOLAAN SUMBER BELAJAR OLEH GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Jurnal Generasi Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 151–158. https://doi.org/10.59342/jgt.v2i2.288