STRATEGI MEMBINA HUBUNGAN ANTARA KONSELOR DENGAN KONSELI UNTUK KEBERHASILAN PELAYANAN KONSELING

Authors

  • Desi Harlina Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.59342/jgt.v2i2.282

Abstract

Pelayanan konseling merupakaan suatu bantuan yang diberikan secara profesonal oleh konselor kepada konseli untuk membantu mengantaskan segala hal yang mengganggu kehidupan sehari-hari konseli. Sebelum melaksanakan kegiatan konseling, konselor harus memiliki kesiapan dalam membina hubungan dengan konseli. Membina hubungan dalam proses konseling sangat penting untuk keberhasilan dari pelayanan konseling. Artikel ini bertujuan untuk membahas mengenai strategi membina hubungan antara konselor dengan klien untuk mencapai keberhasilan dalam pelayanan konseling. Metode penulisan pada artikel ini merusuj pada study literature melalui hasil penelitian relevan maupun bahan bacaan seperti buku yang berkaitan dengan pembahasan pada artikel ini. Berdasarkan pembahasan pada artikel ini, dapat disimpulkan bahwa strategi dalam membina hubungan antara konselor dengan konseli ialah dengan persiapan dalam menerima konseli, menggunakan teknik 3M, teknik refleksi, keterbukaan, menerima konseli secara positif, dan kontak mata.

References

Bastomi, H. (2019). Konseling Cyber: Sebuah model Monseling Pada Konteks Masyarakat Berbasis Online. Konseling Edukasi: Journal of Guidance and Counselling, 3(1), 19–36.

Brammer, L. M., & Shostrom, E. L. (1977). Therapeutic Psychology: Fundamentals of Counseling and Psychotherapy. Prentice-Hall.

Daud, A. (2019). Penanganan Masalah Konseli Melalui Konseling Realitas. Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bimbingan Dan Konseling Islami, 5(1), 80–91.

Fatchurahman, M. (2018). Problematik Pelaksanaan Konseling Individual. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 3(2), 25–30.

Habsy, B. A. (2017). Seni Memehami Penelitian Kuliatatif dalam Bimbingan dan Konseling: Studi Literatur. Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 90–100.

Hariko, R. (2017). Landasan filosofis keterampilan komunikasi konseling. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 41–49.

Herlena, H., Azwar, B., & Sumarto, S. (2022). Kompetensi Personal Guru Pembimbing Dalam Membentuk Kepribadian Siswa Di Smp Negeri 3 Rejang Lebong. Institut Agama Islam Negeri Curup.

Hidayani, N. (2022). Prinsip-Prinsip Mendengar Menurut Ungkapan Al-Qur’an dan Pengembangannya dalam Konseling Islam. UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

Lase, F. (2021). Implementasi Layanan Konseling Profesional Menyeluruh dalam Lima Wilayah Kegiatan untuk Mewujudkan Perilaku Positif Terstruktur. KONSELING: Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Penerapannya, 3(1), 7–16.

Lesmana, G. (2022). Kapita Selekta Pelayanan Konseling (Vol. 1). umsu press.

Mulyani, M. A. (2014). Strategi Membina Hubungan antara Konselor dan Klien. Wardah: Jurnal Dakwah Dan Kemasyarakatan, 15(1), 105–112.

Mustofa, I., & Mollah, M. K. (2019). Bimbingan Konseling dalam Peningkatan Kualitas Belajar Mahasiswa Perguruan Tinggi Islam Negeri. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 2(2), 143–166.

Petrus, J. (2017). Kajian Konseptual Hubungan Terapeutik dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Proses Konseling. Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter, 1(2).

Prayitno. (2018). Konseling Profesional yang Berhasil. Depok: Rajawali Pers.

Putri, A. (2016). Pentingnya Kualitas Pribadi Konselor dalam Konseling untuk Membangun Hubungan antar Konselor dan Konseli. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 1(1), 10–13.

Romadhon, F. (2023). Layanan Konseling Individu dalam Mengatasi Conduct Disorder pada Remaja (Studi Kasus pada Klien “H”). EDUCATIONAL JOURNAL: General and Specific Research, 3(2), 238–245.

Rufaedah, E. A., & Ikhwanarrafiq, M. (2022). Kualitas Pribadi Konselor dalam Membangun Hubungan antar Konselor dan Konseli. Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 3(2), 52–63.

Rukmana, E. S. (2021). Membangun dan Memelihara Komunikasi dalam Konseling. JIVA: Journal of Behaviour and Mental Health, 2(2).

Syahra, A. (2021). Penerapan Konseling Kelompok dengan Teknik Refleksi Perasaan untuk Mengendalikan Emosi Marah Siswa MAN 1 Bener Meriah. UIN Ar-Raniry.

Syahri, L. M., Mudjiran, M., Sukma, D., & Syahrial, S. (2022). Kesiapan Konselor dalam Proses Konseling yang Berhasil. Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 2(2), 82–91.

Taufik, & Karneli, Y. (2017). Teknik dan Laboratorium Konseling. Padang: FIP UNP.

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

Desi Harlina. (2023). STRATEGI MEMBINA HUBUNGAN ANTARA KONSELOR DENGAN KONSELI UNTUK KEBERHASILAN PELAYANAN KONSELING. Jurnal Generasi Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 136–142. https://doi.org/10.59342/jgt.v2i2.282