IMPLEMENTASI KECERDASAN VERBAL LINGUISTIK KELOMPOK B DI TK TUNAS KUSUMA BANDAR LAMPUNG

Authors

  • Befri Rahikmah Universitas Lamnpung

DOI:

https://doi.org/10.59342/jgt.v2i2.256

Keywords:

kecerdasan ; verbal linguistik ; membaca ; menulis

Abstract

Kecerdasan sama halnya dengan perkembangan anak usia dini yang berbeda-beda setiap anaknya. Kecerdasan verbal linguistik adalah kemampuan untuk memahami bahasa dan kata-kata dengan mengekspresikan dan menghargai makna yang kompleks, serta kemampuan untuk dapat menyelesaikan masalah dan mengembangkan sesuatu menggunakan bahasa secara efektif baik lisan maupun tertulis. Kecerdasan verbal linguistik pada anak usia dini dapat dikembangkan dengan menggunakan cara bernyanyi, bercerita, membaca buku, menulis, dan membuat atau membaca puisi. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengamati dan mengetahui bagiamana penerapan untuk mengembangkan kecerdasan verbal-linguistik anak usia 5-6 tahun atau kelompok B di TK Tunas Kusuma Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan studi lapangan, penelitian ini juga menggunakan pendekatan deskripsi kualitatif. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model Miles dan Hubberman dimana proses proses penyederhanaan data dilakukan melalui 4 tahapan. Hasil pengamatan dan wawancara yang didapatkan saat ke TK Tunas Kusuma adalah implementasi atau penerapan yang dilakukan di TK tersebut untuk mengembangkan kecerdasan verbal linguistik itu dengan membaca secara rutin surat pendek dan hadist-hadist tentang kehidupan sebelum pembelajaran dimulai. Kecerdasan verbal linguistik dapat memberikan keterampilan bersosialisasi dan berkomunikasi dengan lingkungan sekitar maupun masyarakat luas.

References

Handayani, I. N. (2022). Stimulasi Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences) Melalui Pendekatan Saintifik (Scientific Approach) untuk Anak Usia Dini. Jurnal Raudhah, 10(1). https://doi.org/10.30829/raudhah.v10i1.1656

Cookson, M. D., & Stirk, P. M. R. (2019). Kecerdasan Verbal Linguistik Anak Usia Dini Pengembangan Kecerdasan Majemuk. 1, 1–11.

Setyorini, R., Sandi, N. V., & Wibisono, Y. (2018). Peningkatan Kecerdasan Verbal Linguistik Anak Usia Dini Melalui Permainan “Gerbong Kata.” Generasi Emas, 1(2), 120. https://doi.org/10.25299/ge.2018.vol1(2).2565

Moh. Alamsyah, A. (2021). Mengembangkan Kecerdasan Multiple. Musawa, 13(1), 106–133.

Syarifah, S. (2019). Konsep Kecerdasan Majemuk Howard Gardner. SUSTAINABLE: Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 2(2), 176–197. https://doi.org/10.32923/kjmp.v2i2.987

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

Rahikmah, B. (2023). IMPLEMENTASI KECERDASAN VERBAL LINGUISTIK KELOMPOK B DI TK TUNAS KUSUMA BANDAR LAMPUNG. Jurnal Generasi Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 109–114. https://doi.org/10.59342/jgt.v2i2.256