Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar AUD

Authors

  • Aida Aqliya Dzakkiyah Mahasiswa

DOI:

https://doi.org/10.59342/jgt.v2i2.242

Keywords:

Lingkungan, lingkungan belajar, pendidikan, anak

Abstract

Lingkungan berperan dalam mengatur kondisi atau mencegah pertumbuhan karena berada di luar ranah potensi dan kemampuan genetik seseorang. Makhluk hidup, benda mati, dan budaya manusia dapat digunakan sebagai sumber belajar untuk membantu anak-anak belajar dan terlibat dalam kegiatan belajar secara lebih efektif. Ketika lingkungan digunakan sebagai sumber belajar di taman kanak-kanak, anak-anak dihadapkan pada situasi dan kondisi dunia nyata, seperti pola cuaca, yang membuat pembelajaran mereka lebih otentik dan nyata. Belajar di lingkungan sekitar anak memiliki dampak positif yang besar pada perkembangan kognitif mereka. Anak-anak dapat mengadopsi sikap (afektif) yang mendorong empati, toleransi, dan rasa hormat kepada orang lain di lingkungan sekitar mereka. Melalui pembelajaran di lingkungan, pendidikan semacam itu akan meningkatkan bakat psikomotorik mereka dengan mendorong pandangan sosial pada masyarakat. Dengan berpartisipasi dan mengamati kegiatan, misalnya, anak-anak dapat langsung mengetahui dan merasakan sesuatu. Oleh karena itu, anak-anak yang diajari tentang pendidikan sosial dan kemasyarakatan akan menjadi orang yang bijaksana. Kepribadian semua orang dari semua latar belakang sosial akan dipahami oleh anak-anak. Anak-anak yang memahami hal ini akan melihat keagungan Allah SWT dan tumbuh dalam penghargaan kepada-Nya karena telah menciptakan manusia dengan tradisi sosial yang beragam.

References

Choiri, Moh Miftahul. (2017). UPAYA PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR ANAK. JURNAL REFLEKSI EDUKATIKA, Vol. 8(1).

Ikhsan, A., Sulaiman, S., & Ruslan, R. (2017). Pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar di sd negeri 2 teunom aceh jaya. Jurnal ilmiah mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar. Vol. 2(1). Hal. 1-11.

Rahmawati, Umi Nur Afifah. (2020). PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI MIM PUNDUNGREJO TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Jenius: Jurnal of Education Policy and Elementary Education Issues, Vol. 1(1). Hal. 16-25.

Syam, Mohammad Noor. (1984). Filsafat Pendidikan dan Dasar Filsafat pendidikan Pancasila. Surabaya: Usaha Nasional.

Ulum, Irfatul. (2014). Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Anak. Jurnal Pendidikan Anak, Vol. 3(2). Hal. 518-523.

Mahirah, B. (2017). Evaluasi Belajar Peserta Didik (Siswa). Jurnal Idaarah, 1 (2), 257-267

Kurniasari. I., Samiati, S., & Heanilah, E.Y. (2018). Penggunaan Media Alam Sekitar dan Kemampuan Berfikir Logis Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 4 (1).

Muhammad Efendi (2013). Lingkungan Sebagai Media Pembelajaran. Di unduh di http://efendi08.blogspot.co.id/2013/03/lingkungan-sebagai-mediapembelajaran.html pada tanggal 8 Juni 2023

Ermawati, S., & Hidayat, T. (2017). Penilaian Autentik dan Relevansinya dengan Kualitas Hasil Pembelajaran (Presepsi Dosen dan Mahasiswa IKIP PGRI Bojonegoro). Journal Pendidikan Ilmu Sosial, 27 (1), 92-103

Andrianto, D. (2011). Memanfaatkan Lingkungan Sekitar sebagai Sumber Belajar Anak Usia Dini, Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini. Al_Ashlah Journal of Islamic Studies, 1 (1), 1-9.

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

Dzakkiyah, A. A. (2023). Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar AUD. Jurnal Generasi Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 99–108. https://doi.org/10.59342/jgt.v2i2.242