STRATEGI PEMASARAN MEDIA SOSIAL PADA BISNIS KREATIF KRIYA RAJUT HANDMADE RISJOOT LANGKAT

Authors

  • Iqlima Angelina STAI Syekh. H Abdul Halim Hasan Al-Ishlahiyah Binjai
  • Elida Elfi Barus
  • Sri Herlina

DOI:

https://doi.org/10.59342/jer.v2i2.437

Keywords:

Strategi Pemasaran, Media Sosial, Kendala

Abstract

Pentingnya strategi pemasaran media sosial pada bisnis rajut handmade risjoot dalam memasarkan produknya dikalangan masyarakat, sebagaimana untuk mengetahui strategi pemasaran media sosial kerajinan rajut handmade risjoot serta hambatan dan solusi dari pemasaran kerajinan rajut handmade risjoot di Dusun 2 Karang Rejo Kecamatan Kutambaru Kabupaten Langkat.Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun sumber penelitian yang digunakan ialah data primer dan data sekunder.Hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan sebagai berikut: Pertama, strategi pemasaran yang dilakukan pada kerajinan rajut handmade risjoot menggunakan bauran pemasaran atau marketing mix yaitu 4C antara lain customer (konsumen), cost (biaya), communication (komunikasi), convenience (kenyamanan). Kedua, kendala atau hambatan dalam pemasaran kerajinan rajut handmade risjoot ialah banyaknya pesaing usaha kerajinan rajut yang merusak harga pasar sehingga pemasukan menjadi menurun. Ketiga, solusi dari pemasaran kerajinan rajut handmade risjoot ini ialah dengan menggunakan media social sebagai media pemasaran dan tetap mempertahankan kualitas yang ada serta terus berinovasi hasil karya agar terlihat berbeda dengan kerajinan rajut lainnya

Downloads

Published

2024-04-11