PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR SUZUKI PADA MAHASISWA STIE MUHAMMADIYAH ASAHAN

Authors

  • Adetia Azmi Tanjung STIE Muhammadiyah Asahan
  • Uli Syahbara Tanjung STIE Muhammadiyah Asahan

DOI:

https://doi.org/10.59342/jer.v2i2.427

Keywords:

kualitas produk, promosi, keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji dan mengetahui pengaruh kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian sepeda motor suzuki pada mahasiswa STIE Muhammadiyah Asahan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Metode data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan regresi linier berganda. Populasi pelitian dan sampel penelitian ini sebesar 82 orang responden, teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. pengaruh kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian sepeda motor suzuki pada mahasiswa STIE Muhammadiyah Asahan adalah positif, hal ini dapat dilihat dari Persamaan Y = 1,609 +0,718X1 + 0,456X2 + e. Artinya semakin baik kualitas produk dan promosi suatu produk maka akan semakin meningkatkan keputusan pembelian sepeda motor suzuki pada mahasiswa STIE Muhammadiyah Asahan. Variabel kualitas produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dilihat dari nilai thitung (3,064) > ttabel (1,6652) dan promosi juga berpengaruh positif dilihat dari nilai thitung (5,079) >ttabel (1,6652).

References

Assael, Henry. 2001. Customer Behavior and Marketing Action 6 th edition. New York: NYU Thomson Learning.

Danang Sunyoto. 2012. Dasar-dasar manajemen pemasaran. Cetakan Pertama. Yogyakarta : CAPS.

Fandy Tjiptono. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta: Andi Offset

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Kamus versi online/daring (Dalam Jaringan). di akses pada 10 Desember. 2020. https://kbbi.web.id/didik

Kotler, Philip Dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid satu. Erlangga : Jakarta

Sugiyono, 2014, Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. (Bandung: ALFABETA)

Sutisna. (2001), Perilaku Konsumen Dan Komunikasi Pemasaran, Penerbit PT Remaja Rodakarya, Bandung

https://motorisblog.com

Downloads

Published

2024-04-11